Rabu, 11 Oktober 2017

BAHAN DISKUSI KELAS PAI II

DISKUSI 1

MEMAHAMI DESAIN PEMBELAJARAN

Desain adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Proses desain sistem pembelajaran menghasilkan suatu rencana atau blueprint untuk mengarahkan pengembangan pembelajaran. Blueprint disebut pula prototipe, suatu versi fungsional dari satuan pembelajaran, biasanya masih dalam bentuk yang belum selesai, di mana efektivitas dan efisiensinya masih perlu diuji. Terdapat empat kawasan desain, yakni (1) desain sistem pembelajaran, (2) desain pesan, (3) desain strategi pembelajaran, (4) desain karakteristik peserta didik.
Desain Sistem Pembelajaran adalah prosedur yang terorganisir yang meliputi langkah-langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian dan penilaian pembelajaran. Desain pesan dalam hal ini merupakan perencanaan untuk memanipulasi bentuk fisik pesan yang mencakup pesan, belajar dan pembelajaran, media, dan desain pesan itu sendiri. Desain strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan dalam suatu pelajaran. Desain karakteristik peserta didik segi-segi latar belakang pengalaman peserta didik yang berpengaruh terhadap efektivitas proses belajarnya.
Pembelajaran dipahami sebagai upaya yang disengaja untuk mengelola kejadian atau peristiwa belajar dalam menfasilitasi peserta didik sehingga memperoleh tujuan yang dipelajari. Jadi, desain pembelajaran berhubungan dengan memahami, memperbaiki, dan menerapkan metode pembelajaran. Desain pembelajaran juga berarti lebih dari menciptakan pembelajaran secara harfiah. Dengan demikian, definisi desain pembelajaran dapat didekati dari berbagai perspektif, yakni (1) sebagai suatu proses, (2) sebagai  suatu disiplin, (3) ilmu pengetahuan, (4) sebagai realitas.
Desain pembelajaran diperlukan agar pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai efektifitas dan efisiensi. Bukan pembelajaran yang mengandalkan metode ceramah yang sering tidak terkontrol dan terkadang “ngawur” tanpa arah yang jelas.  Efektif berarti melakukan sesuatu dengan benar (doing the things right) dan efisien berarti melaksanakan sesuatu yang benar (doing the right things).

Karakteristik desain pembelajaran adalah  (1) berpusat pada peserta didik, (2) berorientasi tujuan, (3) terfokus pada pengembangan atau perbaikan kinerja peserta didik, (4) mengarahkan hasil yang dapat diukur melalui cara yang valid dan dapat dipercaya, (5) bersifat empiris, berulang, dan dapat dikoreksi sendiri,  (6) upaya bersama dalam tim. 

PERTANYAAN

a.    Mengapa desain pembelajaran itu penting untuk dipelajari?
B.  Apa makna ungkapan Jhon Dewey berikut ini bagi Anda?
Yang perlu dipelajari itu adalah anak, bukan mata pelajaran yang menentukan kualitas dan kuantitas belajar.



2 komentar:

  1. a. Desain pembelajaran sangat penting untuk dipelajari karena merupakan langkah awal bagi pendidik atau guru sebelum memulai proses pembelajaran. Pembelajaran yang diawali dengan desain yang sistematis tentunya akan memperoleh hasil yang maksimal. olehnya itu pelaksanaan pembelajaran sangat bergantung pada sejauh mana pembelajaran tersebut direncanakan.
    Pada dasarnya desain pembelajaran diajukan untuk memudahkan peserta didik dalam belajar. Tugas pendidik ialah membuat suatu rancangan pembelajaran yang akan membuat peserta didik termotivasi untuk belajar. apabila hal tersebut dilakukan maka efektivitas dan efisiensi pembelajaran dapat tercapai.

    b. setuju dengan ungkapan John Dewey yang menyatakan bahwa yang perlu dipelajari adalah anak, bukan mata pelajaran yang menentukan kualitas dan kuantitas pembelajaran.
    Peserta didik adalah penentu berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan media, metode dan bahan ajar adalah pendukung keberhasilan peserta didik. olehnya itu pendidik harus mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terlebih dahulu sebelum merancang atau mendesain pembelajaran.
    Peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda. mereka memiliki ciri dan gaya belajar yang berbeda pula. seorang pendidik yang bertanggung jawab dalam proses pendidikan, harus mampu mendesain suatu pembelajaran yang bisa memudahkan peserta didik dalam belajar.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text