Sabtu, 05 November 2016

GAMBARAN UMUM FINAL PROJEK



Target akhir dari mata kuliah ini adalah menghasilkan produk media dan teknologi pembelajaran (cetak, audio-visual, video, multimedia, atau online)  yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi riil di mana mahasiswa bertugas. Produk ini penting dihasilkan agar mahasiswa terbiasa mendesain dan mengembangkan berbagai model teknologi pembelajaran yang dibutuhkan sebelum lebih jauh melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu,  model desain dan pengembangan teknologi pembelajaran yang dijadikan acuan adalah model ASSURE. Untuk menilai produk yang dihasilkan mahasiswa, digunakan empat tingkat penilaian Kirkpatrick dan Kirkpatrick (belajar, reaksi, prilaku, dan hasil).
Salah satu model yang banyak dirujuk untuk mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran adalah model ASSURE atau model yang dikembangkan oleh Smaldino, Russell, Heinich, dan Molenda (2002). ASSURE merupakan akronim dari:
A     = Analize learner characteristics (analisis karakteristik  peserta didik)
S     = State performance objectives (merumuskan tujuan dan kompetensi).
S     = Select method, media, and materials (memilih metode, media, dan
    dan bahan ajar).
U     =  Utilize technology, media, and materials (pemanfaatan media,
     teknologi, dan bahan ajar).
R     =  Requires learner participation (melibatkan partisipasi peserta didik).
E     =  Evaluate and revise (evaluasi dan revisi).

1. Analisis Karakteristik Peserta Didik
            Langkah pertama dalam mendesain media dan teknologi pembelajaran adalah menganalisis karakteristik peserta didik untuk dihubungkan dengan kompetensi. Informasi yang diperoleh dari hasil analisis tersebut dapat mengarahkan pengembang pembelajaran untuk memutuskan desain. Bagian penting untuk dipertimbangkan di sini adalah:
a.     Karakteristik umum yang mencakup deskripsi kelas secara keseluruhan termasuk umur, tingkat, jender, latar belakang, dan ukuran kelas.
b.     Pengetahuan atau kompetensi prasyarat yang menggambarkan jenis kemampuan, keterampilan atau kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik sebelum pembelajaran.
  1.  Gaya belajar yang dimiliki peserta didik termasuk kesukaan atau kebiasaan belajar yang biasa dialami.
  
Informasi Lengkap UNDUH DI SINI 


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. menurut suparman ada 2 pendekatan yang harus dilakukan dalam menganalisis karakteristik peserta didik yaitu: 1. peserta didik menyesuaikan dengan materi pelajaran. 2. materi pelajaran disesuaikan dengan peserta didik

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text